23 December 2016
Comments 0
Category News
23 December 2016, Comments 0

MALANGVOICE – Ketua Halal Qualified Industry Development Universitas Brawijaya, Dr Sucipto mengatakan, pada masa mendatang, pasar produk-produk halal akan tumbuh dengan pesat.

Saat ini, pertumbuhan pasar produk halal tumbuh sebesar 1,5 persen secara global. Sedangkan, penduduk Muslim di dunia saat ini berjumlah 16 persen dari total penduduk dunia. Bahkan, dalam 10 atau 20 tahun mendatang, tumbuh menjadi 23 atau 30 persen. Di Indonesia, penduduk Muslim merupakan mayoritas.

Berbeda dengan pemeluk agama lain, konsumsi umat Islam dibatasi oleh aturan halal dan haram. Karena itu, menurutnya, sangat penting bagi produsen untuk memastikan produknya halal, salah satunya dengan sertifikat. Produk bersertifikat halal pasti akan laku.

“Sertifikat halal itu penting sebagai jaminan bahwa suatu produk obat, makanana, dan kosmetik dan sebagainya,” katanya saat ditemui wartawan.

Dia menjelaskan, sertifikasi halal ini menuntut sistem jaminan halal. Sistem ini akan mengatur produk dari bahan baku hingga sampai ke konsumen. Status halal itu pun tidak mengenal tingkatan atau grade. Bagi konsumen, sertifikasi halal bisa menenangkan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *