Peneliti Halal UB tanamkan Pendidikan Halal pada Siswa Sekolah Dasar

14 November 2016
Comments 0
14 November 2016, Comments 0

Grup Riset Halal and Qualified Industry Development (HAL-Q ID) Universitas Brawijaya menggelar diseminasi pendidikan halal pada Sabtu, 24 Sepetember 2016  bertajuk Pengenalan Makanan Halal dan Haram pada anak usia dini dengan menggunakan media Sipupa (Media Boneka Tangan). Sipupa merupakan komunitas yang bergerak dalam bidang hiburan edukasi dengan menggunakan media boneka tangan sebagai alat untuk menyalurkan sebuah ide/gagasan/pengetahuan kepada anak kecil. Kegiatan yang dibuka oleh Ketua Grup Riset Dr. Sucipto,STP,MP ini dilaksanakan di Aula Lembaga Pendidikan Islam Ar-Rahmah, Pesantren Hidayatullah Kota Malang.

Dalam acara diseminasi ini dilakukan pengisian kuesioner oleh peserta diseminasi sebelum dan sesudah acara, yang dipandu salah satu anggota grup riset HAL-Q ID yaitu Nur Khasanah,P.Si.,M.Si hal ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan anak anak sebelum diedukasi dengan menggunakan media sipupa terkait makanan halal dan haram dan pasca edukasi. Dengan harapan bahwa adanya edukasi pengenelan pendidikan halal usia dini dapat membantu anak anak untuk mengenali produk yang halal dan haram mana yang bisa dikonsumsi.

Peserta diseminasi sangat antusias dalam hal ini, karena media yang dipakai yaitu media boneka tangan dari komunitas sipupa yang menghadirkan tokoh tokoh boneka seprti Owli, Igor, Piyo dan Alfa. Mereka sangat bahagia, karena ini pertama bagi mereka menyaksikan boneka panggung dengan  tokoh tokoh yang tidak asing lagi bagi mereka. Antusias mereka tergugah ketika sipupa mengajak mereka untuk menari dan bernyanyi bersama yang disebut sebagai “Jingle Sipupa” suasana menjadi sangat bahagia.

Dalam paparannya sipupa menyampaikan tentang apa itu makanan halal dan makanan haram “Halalan Thoyyiban itu adalah makanan yang halal, makanan yang halal adalah makanan yang tidak apa-apa bila kita makan, sedangkan haram adalah makanan yang dilarang untuk dimakan, jadi halal dan haram itu berkebalikan ya  teman-teman. Makanan yang halal itu adalah makanan yang tidak bernajis dan disembelih dengan menyebut nama Allah SWT. Selain dengan paparan cerita boneka sipupa juga memberikan pemahaman tentang makanan halal dan haram melalui logo halal dan haram. Logo tersebut diharapkan mampu menambah pemahaman anak anak dalam memilih makanan yang halal dan haram dengan melihat logo yang tertera pada makanan yang mereka beli.

Dalam paparan ketika menutup acara, Ketua Riset Group, Dr.Sucipto,STP,MP mengatakn,” Jadi adik adik semua jika membeli makanan dan minuman kita harus melihat kemasannya terlebih dahulu ya. Kita pastikan bahwa dalam kemasan tersebut terdapat Logo Halal, sehingga ketika kita mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal tubuh kita menjadi sehat dan kita terhindar dari dosa dan penyakit, Ingat ada pepatah “Men Sana In Corpore Sano” yang artinya didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat” Terimakasih untuk pihak sekolah SD Ar-Rahmah yang telah berkenan menjadi tempat untuk dilakukannya diseminasi pendidikan halal. Harapannya diseminasi ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua” paparnya dihadapan sekitar 100 peserta diseminasi di Aula SD Ar-Rahmah, Kota Malang. Acara berakhir dengan kegiatan penyerahan plakat kepada pihak sekolah dan acara ramah tamah dengan pihak sekolah dikantor SD Ar-Rahmah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *